Tips Pembelajar Menguasai Bahasa Inggris

By | Oktober 16, 2016

Pada dasarnya untuk dapat menguasai bahasa Inggris yang kita pelajari ada beberapa hal yang harus kita pahami terlebih dahulu sebelum melakukan pembelajarannya yaitu, bagaimana prinsip pembelajaran bahasa Inggris, perbedaan dasar apa saja anatar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, tahapan apa saja yang dilakukan ketika mulai belajar bahasa, serta tips-tips bahasa inggris yang mencakup listening, speaking, reading, dan writing dan sumber-sumber belajar bahasa Inggris lainnya.

tips-pemelajar-bahasa-untuk-menguasai-bahasa-inggrisHerman (2012: 2) memberikan penjelasan mengenai prinsip-prinsip penting yang sebaiknya diperhatikan sebelum, pada saat, dan setelah belajar bahasa Inggris. Prinsip-prinsip tersebuta akan dijelasakan sebagai berikut:

1. Pahami dulu budayanya, bukan rumus atau struktur

Salah satu kesalahan umum dalam belajar bahasa Inggris adalah anggapan bahwa untuk menguasai bahasa Inggris orang harus menguasai struktur atau gramatikal bahasa Inggris.Bukti bahwa anggapan ini tidak tepat adalah, ada banyak orang yang tidak belajar struktur atau gramatikal bahasa Inggris secara formal namun mamu menguasai bahasa Inggris untuk berkomunikasi. Oleh karena itu Herman, menawarkan pandangan yang berbeda dalam belajar bahasa Inggris. Acuhkan dulu rumus ataupun struktur, mari kita lihat bahasa Inggris dari sisi budayanya agar kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik dalam belajar bahasa Inggris.

2. Biasakan memakai bahasa Inggris dalam keseharian dan jadikan sebagai rutinitas

Orang-orang yang menuasai bahasa Iggris biasanya merupakan:

a. Orang yang perna tinggal, belajar, atau bekerja di negara yang menggunakan bahasa Inggris.

b. Orang yang sekolah atau kuliah dijurusan bahasa Inggris atau jurusan yang memakai bahasa Inggris.

c. Orang yang bekerja dengan menggunakan bahasa Inggris.

d. Orang yang menggunakan bahasa Inggris dalam hobinya misalnya permainan berbahasa Inggris, menyanyikan lagu bahasa Inggris.

Keempat jenis orang yang menguasai bahasa Inggris ini memiliki satu kesamaan yaitu mereka sama-sama menggunakan bahasa Inggris dalam keseharian. Bahasa Inggris menjadi sebuah rutinitas dan hal yang dilakukan secara berulang-ulang dan terus menerus. Oleh karena itu, san gat sulit bagi seseorang untuk menguasai bahasa Inggris jika hanya menggunakannya sekali-kali atau dalam waktu yang jarang.

3. Yakinkan diri anda bahwa itu penting dan dapat memberikan kemudahan dalam kehidupan

Saat ini tidak dapat disangkal bahwa keterampilan berbahasa Inggris telah menjadi sebuah kebutuhan untuk menghadapi tangtangan zaman globalisasi. Bahasa Inggris menjadi menjadi kebutuhan semua kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai, pekerja, anak-anak, bahkan ibu rumah tangga.

4. Tidak ada salah atau benar dalam belajar bahasa, yang ada hanya lazim atau tidak lazim

Permasalahan umum dalam masyarakat kita dalam proses pembelajaran adalah adanya pandangan yang menyatakan lebih baik diam dari pada berbuat kesalahan. Pada faktanya, dalam proses belajar bahasa Inggris, orang perlu mencoba berulang-ulang membuat suatu kalimat dalam berbicara atau menulis meskipun belum tepat. Membuat kesalahan dalam proses belajar merupakan sesuatu yang wajar dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari tahapan untuk dapat menguasai sesuatu. Orang yang cuek dan tidak terlalu membesar-besarkan kesalahan cenderung lebih cepat belajar daripada orang yang terlalu takut dan terlalu berhati-hati untuk menghindari kesalahan.

5. Berpikirlah dalam bahasa Inggris

Pernyataan di atas memang mudah untuk diucapkan namun sulit untuk dilakukan. Maksud pernyataan tersebut adalah gunakan pola dalam bahasa Inggris tersebut apa adanya, tidak perlu disama-samakan atau dicocokan dengan bahasa Indonesiaatau bahasa lainnya. Kita tidak perlu mempermasalahkan perbedaan antara bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

6. Buatlah lingkungan yang kondusif, acuhkan komentar yang negatif

Salah satu hambatan terbesar dalam proses belajar bahasa Inggris adalah komentar yang kurang mendukung atau bahkan cemoohan yang dapat membuat seseorang malu untuk menggunakan bahasa Inggris dalam kesehariannya. Cara paling mudah dalam menghadapi komentar negatif dalam belajar bahasa Inggris adalah mengacuhkannya. Akan tetapi, jika anda merasa sulit untuk bersikap cuek terhadap hal-hal yang bersifat tidak mendukung, anda dapat menghindarinya.

Referensi

Tanjung, Herman Felani. (2012). Teknik mudah belajar bahasa inggris untuk pemula. Yogyakarta: CV Aswaja Presindo Yogyakarta.

Bagaimana Menurutmu?

Related Post

Ambiguitas Struktural dalam Pembelajaran Bahasa In... A. Pendahuluan Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan ambiguitas, Hurford dan Hesley (1983:128) mengelompokkan ambiguitas menjadi dua hal yak...
Isu Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Semenjak kemerdekaan Indonesia pelajaran bahasa Inggris sudah diajarkan di Indonesia dan masuk dalam kurikulum sekolah dasar (SD). Dengan berjalanny...
Sejarah Perkembangan Ilmu Bahasa di Dunia Sejarah perkembangan ilmu bahasa pada dasarnya bermua dari dua wilayah, yaitu wiayah Barat dan wilayah Timur. Sejarah bahasa di dunia Barat dan Timur ...
Jenis Strategi Pembelajaran Bahasa Dalam interaksi kegiatan pembelajaran di kelas, baik pembelajar mapun peserta didik mumpunyai peranan yang sama penting. Perbedaannya pada fungsi dan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *