Taksonomi Kategori Linguistik

By | November 18, 2016

Ada beberapa taksonomi kesalahan berbahasa yang telah didasarkan pada butir linguistik yang dipengaruhi oleh kesalahan. taksonomi-taksonomi kategori linguistik tersebut menklasifikasikan kesalahan-kesalahan berbahasa berdasarkan komponen linguistik atau unsur linguistik tertentu yang dipengaruhi oleh kesalahan, ataupun berdasarkan kedua-duanya.

taksonomi-kategori-linguistikSecara umum kita telah memahami secara bersama-sama bahwa komponen-komponen bahasa mencakup fonologi (ucapan), sintaksis dan morfologi (tatab bahasa; gramatikal) semantik dan leksikon (makna dan kosakata, dan wacana (gaya). Konstituen mencakup elemen-elemen yang mengandung setiap komponen bahasa.

Tarigan (1988: 276)menyatakan terdapat beberapa keuntungan menggunakan taksonomo kategori linguistik dalam pengklasifikasian kesalahan berbahasa ini, terutama lagi bagi:

  1. Para pengembang kurikulum, untuk menyusun pelajaran-pelajaran bahasa dalam buku pelajaran dan buku kerja para siswa.
  2. Para peneliti, yang memanfaatkannya sebagai sarana laporan yang mengorganisasi kesalahan-kesalahan yang telah mereka kumpulkan.
  3. Para guru dan siswa untuk merasakan bahwa mereka telah mencakup aspek-aspek bahasa tertentu dalam kelas mereka.

Politzer dan Ramirez (1973) disunting oleh Tarigan yang menelaah 120 orang anak Meksiko-Amerika yang belajar bahasa Inggris di Amerika Serikat, merekam narasi mereka mengenai cerita kartun yang singkat. Kesalahan-kesalahan dikumpulkan untuk dianalisis dari bahan ujaran alamiah ini. Kedua pakar ini memperkenalkan klasifikasi mereka sebagai berikut:

“Kesalahan-kesalahan dikategorikan sebagai suatu sarana pembantu dalam menyajikan data dan juga buat menciptakan suatu dasar bagi spekulasi ekstensial mengenai sumber-sumber bagi kesalahan tersebut. Dengan alas an ini kesalahan-kesalahan itu dikategorikan secara tradisional ke dalam kesalahan-kesalahan dalam morfologi, sintaksis, dan kosa kata,……. Ketiga kategori utama ini selanjutnya di bagi lagi atas bagian-bagian ujaran atau bagian-bagian kalimat yang berbagai ragam”

Burt dan Kiparsky (1972) yang disunting Tarigan yang telah mengembangkan taksonomi kategori linguistik lain yang merupakan wadah mereka mengklasifikasikan beberapa ribu kesalahan berbahasa Inggris yang dibuat oleh para siswa yang belajar bahasa Inggris dalam lingkungan asing maupun lingkungan sendiri.

Contoh kategori linguistik dan tipe kesalahan serta contoh kesalahan dari taksonomi ciptaan Politzer dan Ramirez (1973) yang akan diuraikan sebagai berikut di dalam tabel:

Kategori Linguistik Tipe Kesalahan Contoh Kesalahan
Morfologi 1. Kesalahan indefinite article a ant, an little ant
2. Kesalahan possessive case The man feet
3. Kesalahan third person singular verb The bird help man
4. Kesalahan simple past tense He putted the cookie there.
5. Kesalahan past participle He was call
6. Kesalahan comparative adjective/adverb He got up more higher
Sintaksis 1. Kesalahan noun phrase
a. penghilangan article
b. verba sederhana dipakai sebagai pengganti -ing
He no go in hole
…..by to cook it
2. Kesalahan verb phrase
a. penghilangan verba utama.
b. penghilangan to be
He [fell?] in the water.He in the water
3. Kesalahan verb-and-verb construction I go to play [I go and I play]
4. Kesalahan word order
a. pengulangan objek
I go play
The bird (object) he was gonna what what it
5. Kesalahan transformasi
a. negasi ganda
b. penghilangan there
They won’t have no fur
Is one bird

Referensi

Tarigan, H. G. (1988). Pengajaran pemerolehan bahasa. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan kebudayaan Direktorat jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga kependidikan

Related Post

Haruskah Guru Bahasa Asing Mengikuti Perkembangan ... Tulisan ini adalah sebuah makalah yang ditulis oleh  Dr. Abdul Wahab, MA dalam Bukunya Isu Linguistik Pengajaran Bahasa dan Sastra yang menyajikan erg...
Teori/ Aliran Linguistik Tagmetik Penamaan teori tagmemik ini berangkat dari konsep tagmen. Tagmen adalah bagian dari konstruksi gramatikal dengan empat macam kelengkapan spesifikasi c...
Quantitative, Qualitative or Both? Combining Metho... There are three kind of linguistics research. They are quantitative, qualitative, and combination of qualitative and quantitative. To use these kind o...
Kebutuhan Jasa Penerjemahan Semakin Meningkat Banyak sekali tools dan software atau alat penerjemahan bahasa yang bisa didapatkan secara gratis melalui internet melalui download. Hal tersebut mema...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *