Perkembangan Seni Drama di Indonesia

By | Juli 10, 2017

Drama merupakan kumpulan orang-orang yang membuat adegan cerita dan dipersembahkan kepada masyarakat sebagai hiburan. Pengertian lain tentang drama adalah sebuah kisah yang diceritakan dengan pertunjukan dipanggung agar terkesan lebih nyata dan terlihat seperti aslinya.

Pertunjukan drama memang bukan hal baru dan jenis karya sastra yang diwariskan nenek moyang bangsa ini sejak ratusan tahun lalu melalui pagelaran wayang. Tentu saja dunia drama bisa berkembang pesat dinegeri ini karena memang tinggal meneruskan karya para leluhur saja.

Banyak sekali jenis drama yang berdasarkan pada alur cerita, sarana pagelarannya serta yang mengacu pada naskah drama tersebut. Semua jenis drama memang mudah untuk dikenali dari tema atau alur ceritanya serta kombinasi para pemeran serta dari iringan musiknya.

Jenis-Jenis Drama

  1. Drama Komedi

Ini adalah drama yang berisi tentang adegan-adegan lucu sehingga menawarkan hiburan agar para penonton bisa tertawa dan bergembira. Jenis drama komedi berkembang pesat di negeri ini seperti pagelaran ludruk, komedi radio, ria jenaka, dan masih banyak kelompok komedi lainnya.

Selain itu, karena drama komedi berkembang sangat pesat sehingga memiliki banyak cabang :

  • Komedi situasi yaitu ceritanya lucu karena situasinya dan bukanlah dari pemainnya.
  • Komedi Slapstic yaitu adegan lucu dengan menyakiti pemain lain seperti acara OVJ.
  • Komedi Satire yaitu cerita yang lucu karena sindiran tajam antar pemainnya.
  • Komedi Farce yaitu adegan lucu karena dialognya serta tingkah laku para pemainnya.
  1. Drama Tragedi

Drama ini berisi cerita tentang kesedihan dan bisa membuat penonton larut untuk menghayati kisah dan bahkan sampai menangis. Drama ini juga berkembang pesat, jika dahulu hanya digelar pada gedung pertunjukan namun sekarang bisa dinikmati melalui televisi seperti drama sinetron.

  1. Drama Tragekomedi

Sebuah jenis drama gabungan antara kisah sedih dan komedi serta terkesan tidak membosankan sehingga bisa menjadi hiburan yang menarik. Drama jenis ini memang banyak diminati karena alur cerita tidak terlalu monoton sehingga para penonton tidak cepat jenuh untuk menikmatinya.

  1. Opera

Orang-orang lebih suka menyebutnya dengan drama nyanyian karena dialognya diucapkan dengan cara bernyanyi serta diiiringi musik. Drama jenis ini kurang begitu berkembang dinegeri ini dan jarang sekali para seniman yang menekuni dunia opera.

  1. Melodrama

Banyak orang yang senang menyebutnya dengan drama musikal karena musik selalu diselipkan dalam setiap adegan atau dialog. Suara musik juga bisa menghidupkan suasana ataupun gambaran yang disesuaikan dengan keadaan dan mengikuti alur cerita drama tersebut.

  1. Drama Misteri

Drama yang satu ini memang menegangkan karena biasanya memiliki adegan tentang cerita pemecahan kasus pembunuhan. Selain itu ada juga cerita horor yang berhubungan dengan dunia mistik dan roh halus seperti jin, hantu serta hal-hal yang bersifat klenik atau gaib.

Referensi :

gopengertian.blogspot.co.id/2015/09/pengertian-drama-jenis-jenis-drama-unsur-unsur-drama.html

 

Related Post

Pengertian Resensi Buku dan Film serta Manfaatnya Pada intinya resensi adalah pertimbangan ataupun pengulasan secara detail namun singkat mengenai sebuah karya sastra seperti buku, film, novel dan lai...
Cara Menulis Esai Yang Baik Esai merupakan sebuah tulisan yang mengangkat tentang fakta dan pandangan serta opini dari sudut pandang penulis. Esai termasuk dalam tulisan formal, ...
Sejarah Wayang di Indonesia Wayang adalah karya sastra dan kebudayaan asli dari Indonesia yang paling tua dan diperkirakan sudah ada sejak 1500 tahun sebelum Masehi dari nenek mo...
Pengaruh Media Sosial Bagi Dunia sastra Indonesia Esai merupakan sebuah tulisan yang menarik karena berisi opini atau pandangan dari seorang penulis tentang suatu hal atau permasalahan. Esai juga lebi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *