Sastrawan Indonesia yang Terkenal di Dunia

By | Mei 25, 2017

Negara Indonesia memiliki banyak sekali penulis dan dunia sastra berkembang sangat pesat. Dari awal abad 5 M, bangsa ini memang sudah banyak melahirkan kaum sastrawan dan membuat kitab ataupun syair yang pada saat itu negara-negara lain masih dalam masa kegelapan.

Hal ini juga berkembang pada pada abad 19 M yang selalu produktif dalam melahirkan penulis dan para sastrawan. Tidak hanya dinegerinya saja, banyak juga para penulis yang berkiprah didunia internasional dan mendapatkan penghargaan bergengsi sebagai penulis dari luar negeri.

Para penulis Indonesia yang terkenal di dunia

1. Danarto

Dia adalah seorang penulis dan juga pelukis yang lahir pada tanggal 27 Juni 1941 dikota Sragen, Jawa Tengah. Danarto mulai berkiprah didunia tulis menulis mulai tahun 1958 dan menulis cerita anak-anak yang bergambar pada majalah Si Kuncung untuk kepentingan Sekolah Dasar.

Pada tahun 1970, Danarto bersama para seniman lainnya menggelar Expo di Osaka, Jepang. Tahun 1976 dia mengikuti International writing Program di IOWA City Amerika Serikat. Selanjutnya tahun 1983 dia mengikuti festival penyair di Rotterdam, Belanda.

Karyanya juga ada yang pernah dimuat pada majalah Westerlu terbitan dari Australia. Karyanya juga sudah diterjemahkan dalam bahasa Jepang, Inggris, Belanda dan Prancis. Pada tahun 1988, Danarto mendapatkan penghargaan SEA Write Award dari kerajaan Thailand.

2. Taufik Ismail

Sastrawan yang selalu memakai peci ini lahir di Bukittinggi Sumatera Barat pada tanggal 25 Juni 1935. Ayahnya adalah seorang ulama dan wartawan yang gigih dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan sering dikejar untuk ditangkap pemerintah Belanda.

Hal ini membuat kehidupan keluarganya selalu berpindah pindah dari kota Pekalongan, Jogjakarta, Semarang dan Solo. Ayahnya pulang kerja selalu membawa Koran baru sehingga dia akrab dengan dunia jurnalis yang kemudian membuatnya rajin untuk menulis cerpen anak.

Kebiasaan menulis membawanya menjadi salah satu penyair terkenal dengan puisinya yang banyak di terjemahkan dalam bahasa asing. Penghargaan Internasional yang pernah dia peroleh antara lain SEA Write Award dari kerajaan Thailand dan Cultural Visit Award dari Australia.

3. Emha Ainun Najib (Cak Nun)

Dia adalah seorang sastrawan paling unik yang dimiliki negara kita karena dia tidak hanya produktif dalam membuat puisi dan buku saja. Cak nun juga sering melakukan kegiatan kemanusiaan untuk merukunkan perpecahan dan tawuran yang sering terjadi dinegara Indonesia.

Pria kelahiran tahun 1953 asal kota Jombang ini sudah menghasilkan puluhan buku yang berisi puisi dan puluhan buku esay. Puisinya yang paling terkenal berjudul Lautan Jilbab yang pernah diangkat menjadi teater pada tahun 1990 dan menjadi pentas teater dengan penonton terbanyak.

Dia sering diundang keluar negeri untuk pentas musik bersama grup Kyai Kanjeng. Negara- yang pernah mengundang kyai Kanjeng diantaranya adalah Vatikan, Belanda, Mesir, Inggris DLL. Kyai Kanjeng mengusung genre musik budaya karena bisa memainkan semua jenis musik.

Related Post

Sutan Takdir Alisjahbana dalam Sastra Indonesia Nama Sutan Takdir Alisjahbana masih menjadi nama besar di dunia sastra Indonesia. Sastrawan yang lahir di Natal, 11 Februari 1908 ini telah meninggal ...
Pengaruh Budaya Barat Bagi Sastra Indonesia Kata puisi diambil dari bahasa Inggris yaitu poetry, kemudian dibawa kalangan barat ketika datang ke negara kita dan diterima dengan sebutan puisi. Se...
Media Sosial Dijadikan Sebagai Sarana Latihan Menu... Dengan adanya media sosial membuat orang-orang semakin rajin dalam membuat tulisan untuk sekedar memperbarui status atau menyapa teman-temannya. Hal i...
Kelebihan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Sebagian orang atau para calon mahasiswa mungkin masih ada yang memiliki anggapan miring terhadap jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini karena ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *