Sastra Anak Memang Sangat Penting di Indonesia

By | Juni 7, 2017

Gerakan minat baca selalu digalakkan ditiap-tiap kota diseluruh Indonesia sebagian besar dikota-kota besar terutama minat baca bagi anak-anak. Hal ini penting dilakukan khususnya kepada anak-anak untuk melatih pikiran agar bisa tumbuh dan berkembang dengan ilmu pengetahuan.

Selain itu, anak-anak sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan perkembangan dunia literatur Indonesia terutama sastra agar bisa memiliki minat dalam bidang penulisan. Tentu saja para sastrawan lahir berawal dari adanya minat dan kemauan dalam membaca buku dan tulisan.

Karena seorang ahli sastra atau penulis pastilah orang yang gemar membaca. Dengan banyak membaca maka membuat pikiran memiliki banyak pengetahuan yang bisa dijadikan bahan untuk membuat tulisan. Anak-anak perlu rangsangan bagaimana agar mereka bisa gemar membaca.

Tentu saja sastra anak berfungsi untuk mengasah pendidikan atau juga bisa menjadi sarana hiburan yang positif. Pendidikan sastra bagi anak tentunya untuk mengasah ketrampilan serta kreatifitas dalam dunia sastra, selain itu juga sangat penting bagi pendidikan moral bagi anak.

Sastra anak diharapkan bisa membentuk kepribadian anak yang cerdas serta emosi dalam berekspresi sehingga mampu berkarya dalam membaca dan menulis. Tentu saja anak-anak memerlukan bacaan yang khusus serta disesuaikan dengan usia tumbuh kembang bagi anak.

Novel atau cerpen anak yang memiliki tema mendidik memang sangat penting dan seharusnya menjadi bacaan wajib bagi anak-anak usia sekolah. Alur cerita juga memiliki setting yang disesuaikan lingkungan anak-anak agar daya imajinasi masih terjangkau bagi anak-anak.

Tulisan dalam novel dan cerpen anak sebaiknya tidak terlalu berbelit-belit dan mudah dipahami sehingga mereka tidak jenuh dalam membaca. Unsur cerita serta penokohan juga masih mengandung tema seputar anak-anak sehingga bisa melekat dan menjadi inspirasi sesuai usia.

Novel dan Cerpen yang Cocok untuk anak-anak

1. Cerita Binatang

Cerita Tarzan sebagai tokoh yang menyayangi binatang memang sangat cocok sehingga mereka bisa mengetahui bahwa manusia harus memiliki kasih sayang kepada sesama makhluk hidup. Hal ini akan membuat mental anak-anak berkembang dengan rasa cinta dan kasih sayang.

2. Kisah Persahabatan

Cerita yang memiliki tema indahnya persahabatan dengan bahu membahu dan saling tolong menolong memang memberikan pendidikan moral yang positif. Hal ini tentu saja bisa menjadi rujukan, anjuran serta teladan yang baik bagi pertumbuhan kepribadian anak-anak.

3. Kisah Pahlawan dan Kemerdekaan

Cerpen atau komik tentang perjuangan para pahlawan juga memiliki efek positif bagi kepribadian anak-anak. Hal ini akan membangkitkan semangat perjuangan untuk belajar giat dalam mencapai masa depan serta rasa cinta tanah air yang tinggi dalam diri anak-anak.

Puisi Cocok Bagi Anak-anak

Bacaan puisi juga sangat baik bagi anak-anak karena puisi mengandung aspek keindahan yang tertuang dalam kata dan lantunannya. Puisi memang bisa memberikan semangat serta dorongan sehingga tema puisi yang positif bisa membantu perkembangan karakter menjadi lebih baik.

Referensi

buguruesde.wordpress.com/tag/sastra-anak/

Bagaimana Menurutmu?

Related Post

Jenis-Jenis Prosa Indonesia Baru Prosa merupakan karangan yang sifatnya berurai, kalimat-kalimatnya disusun dalam bentuk paragraf. Di Indonesia, prosa bisa dibedakan menjadi prosa bar...
Sejarah Perkembangan Kesusastraan di Indonesia Kesusastraan sudah ada sejak zaman dahulu, saat Indonesia sendiri belum merdeka dan bahkan sebelum terbentuk menjadi sebuah negara. Perkembangan kesus...
Perkembangan Novel Anak-anak di Indonesia Pada dasarnya menulis novel untuk cerita anak-anak memang lebih mudah karena tidak memerlukan alur penulisan yang sistematis. Hal ini karena segmen pe...
Media Sosial Dijadikan Sebagai Sarana Latihan Menu... Dengan adanya media sosial membuat orang-orang semakin rajin dalam membuat tulisan untuk sekedar memperbarui status atau menyapa teman-temannya. Hal i...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *