Jasa Penulis Artikel Ikut Melestarikan Dunia Sastra

By | Mei 4, 2017

Memasuki zaman yang serba informasi, kebutuhan jasa penulis artikel bahasa Indonesia dan Inggris semakin meningkat. Walaupun sudah banyak informasi melalui video ataupun gambar, tapi dunia informasi tidak bisa meninggalkan bidang tulis menulis.

Di negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika, jasa penulis sudah menjadi pekerjaan sejak awal tahun 2000an. Saat itu media informasi online, khususnya dari blog semakin meningkat. Pada intinya, sebuah blog berisi banyak tulisan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi melalui online.

Sedangkan dinegara kita, kebutuhan akan jasa tulis menulis ini mulai berkembang sejak dunia blog mulai menjamur pada tahun 2008. Sebenarnya media cetak seperti majalah, novel dan buku sudah sejak lama menggunakan jasa penulis artikel, namun berstatus freelance dan tidak resmi.

Siapa Saja yang Membutuhkan Jasa Penulis Artikel

1. Pemilik Blog

Para pemilik blog tentunya menjadi pihak yang paling membutuhkan jasa penulisan. Karena blog beisi informasi dalam bentuk tulisan yang membutuhkan banyak artikel dan tidak terbatas. Hal ini membuat banyak blogger kesulitan untuk update blog dan memerlukan para penulis.

Selain itu, banyak blogger yang memiliki lebih dari satu blog sehingga mereka membutuhkan bantuan dari pihak lain dalam membuat tulisan. Selain itu para blogger juga bisa menghasilkan uang dari blognya dan semakin bersemangat untuk memperbanyak jumlah artikel.

Jika sebuah blog memiliki banyak tulisan, maka akan semakin meningkat jumlah pengunjungnya dan juga penghasilannnya. Alasan lainnya untuk bisa menaikkan posisi blog agar berada dalam halaman utama penlusuran sehingga para pengunjung semakin meningkat.

2. Penerbit Buku

Pada dasarnya, penerbit buku menghasilkan uang dari penjualan buku. Jika semakin banyak buku yang bisa diterbitkan, penghasilan perusahaan akan semakin meningkat. Penerbit buku selalu membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mengirimkan naskah untuk diterbitkan.

Semua naskah tentang sastra seperti puisi, novel, cerpen, pantun dan jenis sastra lainnya bisa dijadikan sebuah buku untuk diterbitkan. Selain itu, informasi yang berupa pengetahuan yang bisa bermanfaat bagi orang lain juga bisa ditulis dalam naskah dan dikirimkan pada penerbit.

Selain itu, para penenrbit juga ingin menjadi jembatan bagai para penulis untuk bisa berkarier dalam dunia penulisan. Sehingga para penulis bisa berkembang dan karya-karya mereka bisa dinikmati orang lain. Terutama karya sastra jenis novel, cerpen, essai, opini dan lainnya.

3. Media Cetak

Bagi media cetak seperti majalah dan surat kabar, memang membutuhkan jasa penulis untuk bisa rutin menerbitkan media informasinya. Biasanya artikel yang dibutuhkan dari jasa penulis berupa novel, cerpen, essai dan opini. Semua orang punya kesempatan mengirimkan tulisannya.

Media cetak memang mempunyai penulis tetap atau karyawan, namun merek juga memerlukan karya-karya baru dari semua penulis jika memang layak untuk diterbitkan. Dengan banyaknya tulisan yang masuk diredaksinya, maka editor bisa leluasa untuk memilih tulisan yang bagus.

Selain itu media cetak juga dikejar waktu untuk bisa menerbitkan informasi kepada para pembaca setianya. Media cetak berusaha untuk memberikan tulisan yang beragam dan tidak selalu berupa berita agar para pembaca tidak bosan.

Jasa penulis artikel setidaknya ikut berperan dalam mengembangkan dunia satra agar bisa melahirkan penulis-penulis baru untuk mengembangkan karier penulisannya. Manfaat lainnya agar dunia penulisan dan sastra bisa bertahan dan lestari.

Related Post

Pengaruh Bahasa Asing Bagi Bahasa Indonesia Masuknya budaya barat atau proses Westernisasi kata memang ditakuti oleh para ahli bahasa dan dikhawatirkan bisa mengikis kualitas bahasa Indonesia. H...
Sutardji Calzoum Bachri, “Presiden Penyair Indones... Mendapat julukan “Presiden Penyair Indonesia” merupakan salah satu bukti kuatnya pengaruh Sutardji Calzoum Bachri dalam dunia sastra puisi di Indonesi...
Pengertian Karya Sastra Geguritan Geguritan adalah puisi atau sajak bebas yang ditulis dalam bahasa Jawa. Kata Geguritan berasal dari kata Gurit yang berarti tulisan, kidung, tembang, ...
Perjalanan Puisi Lama dan Puisi Baru Indonesia Puisi atau puisi baru memang berkembang pesat dinegara kita dari dulu hingga sekarang. Para penulis puisi semakin bertambah banyak dan tentu saja trad...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *