Mengenal Berbagai Macam Jenis Tulisan Esai

By | Juni 24, 2017

Esai merupakan salah satu tulisan non fiksi yang dibuat berdasarkan data dan fakta serta hasil analisis dari sang penulis. Tentu saja para penulis esai memiliki latar belakang dan informasi yang akurat dan menguraikannya berdasarkan perspektif sendiri kemudian menarik kesimpulan.

Selain itu menambah tulisan agar semakin berbobot dengan memberikan solusi ataupun saran yang mungkin bermanfaat bagi para pembaca. Hal ini membuat tulisan esai lebih banyak diminati untuk mengetahui dengan jelas tentang tema yang diangkat dalam setiap penulisan esai.

Berdasarkan penulisannya, ada beberapa jenis tulisan esai berdasarkan tujuan serta dari tema yang diangkat dalam pembahasannya. Setiap tulisan esai tentu saja menjelaskan pokok masalah pada porsinya sendiri sehingga mudah dibedakan dan bisa diketahui berdasarkan ciri-cirinya.

Jenis-Jenis Tulisan Esai

1. Esai Deskriptif

Esai deskriptif adalah bentuk karangan tulisan yang menjelaskan obyek tertentu untuk diuraikan secara rinci yang mengarah pada benda atau seseorang. Tentu saja obyeknya sangat jelas dan nyata serta bisa dicek keasliannya mengenai sebuah nama tempat, hotel, gedung dan lainnya.

2. Esai Cukilan Watak

Esai jenis ini memang unik karena melibatkan kepribadian seseorang baik dari segi wataknya atau tentang kehidupannya namun sedikit karena hanya cukilan atau cuplikan. Dalam hal ini karena tema yang diangkat masih ada hubungannya dengan kehidupan atau watak seseorang.

3. Esai Tajuk

Tulisan esai jenis ini tidak asing bagi para pembaca media cetak, karena biasanya ada pada pojok koran dengan nama tajuk rencana. Esai tajuk mengulas permasalahan yang sedang trend dalam segala hal, seperti politik, dinamika kehidupan masyarakat serta situasi yang sedang booming.

4. Esai Reflektif

Pada penulisan esai reflektif biasanya berdasarkan gayung bersambut untuk menanggapi situasi politik dan perilaku pemerintah serta hal yang masih berhubungan. Tentu saja para penulis adalah orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut sehingga lebih jelas pada pembahasannya.

5. Esai Kritik

Biasanya tulisan esai kritik berupa analisa mengenai karya-karya sastra dan bersifat bebas untuk mengangkat tema tentang karya sastra ataukah seorang sastrawan. Penulisan esai kritik memang diperlukan sehingga pembaca dan pelaku sastra bisa mengetahui kekurangan dan kelemahannya.

6. Esai Pribadi

Namanya saja esai pribadi, tentu saja bentuk tulisan mengungkapkan tentang kepribadian sang penulis dalam melihat permasalahan dari tema yang dibahas. Ini adalah bentuk kebebasan dari penulis untuk memberikan pendapatnya mengenai segala hal yang menjadi tema dari tulisan.

Sebenarnya masih banyak jenis esai lainnya, namun hanya ada 6 macam yang paling terkenal dan banyak diulas oleh para penulis. Esai merupakan tulisan yang real dan sebuah persepsi pribadi berdasarkan pengalaman hidup serta keahlian yang dimiliki dari seorang penulis.

Setiap penulis esai memiliki gaya penulisan sendiri yang menjadi ciri khas dalam membuat setiap tulisan. Pada umumnya para penulis esai adalah orang yang sudah populer dikalangan masyarakat sehingga pemikiran-pemikirannya memang bisa dijadikan acuan bagi para pembaca.

Referensi :

dosenbahasa.com/jenis-jenis-esai

 

 

Related Post

Sastra Anak Memang Sangat Penting di Indonesia Gerakan minat baca selalu digalakkan ditiap-tiap kota diseluruh Indonesia sebagian besar dikota-kota besar terutama minat baca bagi anak-anak. Hal ini...
Perkembangan Sejarah Sastra Indonesia Perkembangan sastra di Indonesia memang sudah dimulai sejak zaman dahulu, bahkan sekitar tahun 150 Masehi dari masa kerajaan Salakanegara. Hal ini dib...
Perjalanan Sastra Indonesia dalam Kancah Politik Banyak sekali karya sastra yang mengambil tema dari permasalahan yang dihadapai masyarakat atau rakyat Indonesia. Seperti yang kita tahu bahwa pada za...
Perbedaan Angkatan Balai Pustaka dan Pujangga Baru Balai Pustaka dibuat pada tahun 1908 oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai sarana penerbitan buku sekolah dan novel atau cerita-cerita daerah Indones...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *