Mengapa Bahasa Arab Lebih Mudah dipelajari Masyarakat Indonesia

By | Mei 1, 2017

Banyak sekali orang Indonesia yang mengerti dan menguasai bahasa Arab. Dari jumlah penduduk 200 juta jiwa, mungkin sekitar setengahnya atau 100 juta orang yang bisa menggunakan bahasa Arab. Hal ini membuat bahasa ini menjadi sangat akrab dan bukan termasuk bahasa asing lagi dimasyarakat.

Masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Muslim, menggunakan bahasa Arab untuk beribadah dan acara ritual lainnya. Ibadah yang harus atau wajib dilakukan adalah sholat 5 kali sehari. Setiap bacaan dalam sholat, menggunakan bahasa Arab dari awal sampai akhir ketika beribadah.

Hal ini merupakan sebuah teknik atau cara yang paling efektif untuk mempelajari sebuah bahasa, yaitu menggunakan bahasa tersebut sebagai kebiasaan sehari-hari. Jika kita semakin sering untuk bersinggungan dengan bahasa lain, maka lambat laun kita juga akan menguasai bahasa tersebut.

Selain itu mudah sekali untuk belajar bahasa Arab dinegeri kita ini, karena banyak tempat atau sekolahan dan lembaga-lembaga yang menyediakan pengajaran tentang bahasa ini. Yang paling penting lagi, banyak para orang tua juga mendidik anak-anaknya untuk belajar bahasa Arab semenjak kecil.

Pendidikan bahasa yang dilakukan sejak usia dini akan membuat pelajaran lebih mudah diterima otak dan bisa melekat kuat sehingga tidak cepat lupa. Apalagi jika serius untuk mempelajari secara khusus satu bahasa saja, maka proses penguasaan bahasa tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama.

Banyaknya sarana dan prasara belajar bahasa Arab dinegeri ini membuat perkembangan bahasa Arab semakin cepat. Banyak sekali istilah-istilah dari bahasa Arab semakin banyak digunakan daripada bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia, banyak sekali kata yang merupakan hasil adopsi dari bahasa Arab.

Hal inilah yang membuat bahasa Arab semakin mudah memasyarakat dan banyak yang menggunakan bahasa tersebut sebagai alat komunikasi kepada orang lain. Hal lainnya yang membuat bahasa Arab semakin berkembang adalah, semakin banyak orang yang belajar bahasa Arab baik tua maupun muda.

Di negeri ini banyak orang yang sudah tua mau belajar bahasa Arab dan mereka tidak malu karena bahasa ini adalah bagian dari agama yang dianutnya. Bahkan lebih banyak orang yang mempelajari bahasa Arab dari kalangan orang-orang tua yang ingin memperdalam ilmu agama Islam.

Karena Al Qur’an yang merupakan kitab suci agama Islam menggunakan bahasa Arab sehingga membuat banyak orang Muslim harus belajar bahasa Arab untuk mengetahui isi kitab suci tersebut. Sedangkan untuk bisa menguraikan atau memahami bahasa Al Qur’an diperlukan waktu yang lama.

Hal ini karena bahasa dalam Al Qur’an menggunakan sastra Arab murni sehingga muatan bahasa sangat berbeda dengan bahasa Arab yang digunakan sebagai alat komunikasi pada masyarakat timur tengah. Jika kita tidak menguasai pemahaman ilmu sastra Arab, maka akan sulit untuk menerjemahkannya.

Related Post

Tiga Jenis Sistem Ortografi Linguistik Ortografi adalah subdisiplin linguistik yang mempelajari ejaan. Oleh karena itu, subdisiplin ini juga dapat disebut ilmu ejaan atau grafonomi. Harap u...
Macam – macam Gejala Bahasa Gejala Bahasa merupakan peristiwa yang menimbulkan terjadinya penyimpangan dari aturan-aturan bahasa. Badudu (1982) menyatakan bahwa gejala bahasa ada...
Early Syntactic Development  Are syntactic categories innate? One view is that the primary basis of syntax is innate. Pinker (1984, 1989) argued that knowledge about the basic s...
The Driving Forces Of Language Development One of the most important issues in the study of language development is the extent to which our language abilities are innate. Philosophy has produce...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *