Manfaat Menguasai Bahasa Inggris

By | Juni 1, 2017

Setiap orang memiliki alasan masing-masing mengapa perlu belajar bahasa Inggris dan tentunya kebutuhannya juga berbeda-beda. Namun intinya adalah karena bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa Internasional agar bisa berkomunikasi di negara mana saja terutama di Eropa.

Belajar bahasa Inggris memang perlu pada zaman yang semakin maju ini karena sebagian besar penggunaan kata-kata diberbagai bidang menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja banyak manfaat yang akan didapatkan jika kita bisa menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

Beberapa Manfaat Jika Menguasai Bahasa Inggris

1. Bahasa Internasional

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang banyak digunakan di dunia dan dijadikan mata pelajaran disekolah-sekolah di banyak negara. Pada saat mengikuti organisasi yang bersifat Internasional dan melibatkan para anggota dari berbagai warga negara di dunia, tentu saja akan menggunakan bahasa Inggris.

Hal ini akan memudahkan setiap anggota organisasi agar bisa berkomunikasi dengan baik antar sesama anggota walaupun berasal dari negara yang berbeda. Dengan adanya penyatuan salah satu bahasa yaitu bahasa Inggris, bisa menghindari miskomunikasi dengan warga negara lain.

2. Bahasa Bisnis dan Ekonomi

Dalam bidang ekonomi dan bisnis, umumnya menggunakan kata atau istilah-istilah dalam bahasa Inggris dan memang lebih mendominasi dibandingkan dengan bahasa lain. Tentunya kita akan cepat memahami kode atau singkatan berbagai produk yang biasa temukan di toko atau supermarket.

Selain itu pemberian nama atau kode dan singkatan pada obat-obatan serta produk kesehatan lainnya banyak yang menggunakan bahasa Inggris. Tentu saja kita akan paham dengan komposisi atau bahan baku serta kadar yang digunakan pada berbagai produk kesehatan.

3. Mengalahkan Bahasa Mandarin

Bahasa Mandarin memang banyak digunakan diseluruh dunia terutama dikawasan Asia. Namun produk yang berasal dari negara yang berbahasa Mandarin juga lebih banyak menggunakan bahasa Inggris. Hal ini berarti bahwa bahasa mandarin masih kalah populer dari bahasa Inggris.

Bahasa Inggris sepertinya sudah akrab dengan brand atau merk sebuah produk sehingga produsen negara-negara dikawasan Asia juga tidak mau meninggalkan bahasa Inggris. Karena hal ini akan berpengaruh pada penjualan sebuah produk jika menggunakan nama yang berbeda.

4. Banyak Buku Berbahasa Inggris

Banyak sekali buku-buku yang ditulis dalam bahasa Inggris sehingga orang yang gemar membaca tidak kesulitan jika ingin membaca buku dari luar negeri. Hal ini karena banyak sekali buku yang populer dari negara mana saja yang kemudian diterjemahkan dalam bahasa Inggris.

Banyak sekali buku sejarah maupun satra yang populer dimasa lalu diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Buku sastrawan Khalil Gibran banyak yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Buku-buku pengetahuan sejarah Romawi dan Yunani serta Mesir kuno juga banyak yang menggunakan bahasa Inggris.

5. Teknologi Komputer

Bidang teknologi yang berbasis komputer seperti laptop, gadget dan sarana pada komputer lainnya banyak menggunakan nama yang diserap dari bahasa Inggris. Negara Jepang sebagai salah satu pelopor dunia elektronik juga banyak mengadopsi bahasa Inggris untuk produk elektroniknya.

Pemberian nama sparepart pada alat elektronik biasa dan produk elektronik yang berbasis komputer juga banyak yang mengambil dari bahasa Inggris. Buku petunjuk pada setiap pembelian produk elektronik selalu menyediakan bentuk tulisan dalam bahasa Inggris.

6. Beasiswa Pendidikan Luar Negeri

Banyak sekali negara-negara di belahan dunia yang memberikan beasiswa pendidikan untuk belajar di negara tersebut. Salah satu persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa mendapatkan beasiswa pendidikan di luar negeri adalah menguasai bahasa Inggris secara lisan dan tulisan.

7. Marka Jalan

Marka jalan merupakan alat penunjuk arah disetiap kota agar orang-orang yang melintas tidak akan tersesat dan mengetahui jalan yang dilalui. Banyak marka jalan di banyak negara yang menggunakan bahasa Inggris agar pengguna jalan bisa memahami lokasi tersebut dengan mudah.

Marka jalan yang menggunakan bahasa Inggris umumnya pada kota-kota besar atau ibukota dari sebuah negara yang banyak wisatawan asingnya. Tentu saja para turis atau wisatawan yang berkunjung di negara lain tidak akan kebingungan dan bisa mengetahui arah dari marka jalan.

 

Related Post

Methodological Principles For Language Teaching The Methodological Pendulum Historians of language teaching have documented considerable fluctuation in methodological preferences over the decades (...
Bagaimana Perilaku Pembelajar Bahasa yang Berhasil Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui apa yang dilakukan orang yang berhasil belajar bahasa. Guru bahasa sebaliknya mendorong siswany...
Ambiguitas Struktural dalam Pembelajaran Bahasa In... A. Pendahuluan Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan ambiguitas, Hurford dan Hesley (1983:128) mengelompokkan ambiguitas menjadi dua hal yak...
Alasan Orang Indonesia Mau Belajar Bahasa Inggris Mempelajari bahasa asing sebenarnya memang hal yang kurang disukai. Banyak orang yang tidak begitu tertarik dengan bahasa asing. Namun suka atau tidak...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *