Kebutuhan Jasa Penerjemahan Semakin Meningkat

By | Juni 18, 2017

Banyak sekali tools dan software atau alat penerjemahan bahasa yang bisa didapatkan secara gratis melalui internet melalui download. Hal tersebut memang telah mempermudah kebutuhan untuk penerjemahan atau translate berbagai bahasa diseluruh dunia agar bisa diatasi sendiri.

Namun software penerjemahan atau translate tersebut memang kurang akurat 100% sehingga tidak bisa diandalkan karena banyak kata dan kalimat yang berantakan. Ternyata alat atau software penerjemahan yang dibuat manusia tidak bisa memberikan hasil yang terbaik.

Banyak orang yang tidak mau ambil pusing dan rela mengeluarkan uang untuk menyewa jasa penerjemahan manual agar bisa memperoleh terjemahan yang berkualitas tanpa ada kesalahan. Jasa penerjemahan juga bisa menyelesaikan kebutuhan pekerjaan penerjemahan dengan cepat.Banyak sekali jenis penerjemahan dalam bentuk lisan, tulisan, audio dan video berbahasa asing yang perlu dialihbahasakan agar lebih mudah dipahami. Berkembangnya teknologi internet diikuti oleh kebutuhan terjemahan berbagai bentuk file atau dokumen juga semakin meningkat.

Dengan meningkatnya permintaan akan kebutuhan penerjemahan juga membuat peluang besar bagi ahli bahasa untuk membuka usaha jasa penerjemahan. Tidak heran jika jasa penerjemahan di Indonesia semakin banyak untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang membutuhkannya.

Orang Yang Membutuhkan Jasa Penerjemah

1. Pengusaha

Banyak sekali para pengusaha yang menerima surat atau dokumen dari luar negeri dan berbahasa asing yang dikirim melalui e-mail. Tentu saja dokumen tersebut perlu diterjemahkan agar bisa dipahami dengan jelas dan menghindari kesalahan dalam membaca dokumen tersebut.

2. Pemasang Iklan

Setelah adanya internet, pemasangan iklan diluar negeri semakin mudah. Hal ini membuat para pemasang iklan semakin mudah untuk mempromosikan produk ke luar negeri atau suatu negara. Iklan tentu saja menggunakan bahasa dari negara tersebut agar bisa dipahami dengan mudah.

3. Youtuber

Youtuber adalah orang yang suka mengupload video melalui situs Youtube. Banyak sekali video dari dalam atau luar negeri yang memiliki tulisan terjemahan agar mudah dipahami penonton. Selain itu banyak juga video-video yang suaranya dialihkan bahasanya agar audio bisa dipahami.

4. Stasiun TV

Acara pemutaran film asing pada televisi juga memerlukan teks terjemahan agar para penonton bisa menikmati film tersebut. Penerjemahan film asing bisa dilakukan para ahli bahasa yang sudah berpengalaman sehingga memerlukan pihak jasa penerjemahan agar tidak ada kesalahan.

5. Penerbit Buku

Banyak sekali para penerbit buku yang ingin melakukan penjualan buku berbahasa asing untuk diterbitkan dalam bahasa Indonesia. Penerjemahan buku tentu saja harus dilakukan oleh seorang ahli agar hasil terjemahan bisa berkualitas tinggi dan tidak terjadi kesalahan kata dan kalimat.

Kebutuhan penerjemahan bahasa memang terus meningkat dari tahun ke tahun sehingga membuka peluang bagi ahli bahasa untuk memilki usaha. Hal ini membuktikan bahwa ahli bahasa juga bisa membuka usaha jasa penerjemahan dan meniti karier dalam bidang usaha jasa.

Resensi :

direktoripenerjemah.com/2012/09/prospek-di-bisnis-penerjemahan.html

Related Post

Kajian Kontroversi dalam Linguistik dan Atmosfir K... Kontroversi adalah telaah (keilmuan) yang diwarnai dengan pernyataan ilmiah dari sudut pandang yang berlawanan (Wahab, 1991: 5). Ilmu dikatakan dapat ...
Perbedaan Linguistik Teoritis dan Linguistik Terap... Menurut tujuan kajiannya Chaer (2009: 4) menjelaskan bahwa linguistik dapat dibedakan atas dua bidang besar yaitu linguistik teoritis dan linguistik t...
Finding the Right Translator When an editor acquires a foreign-language novel, and is excited by this ‘new find,’ he or she hopes to commission a translator who shares that enthus...
Fungsi Kohesi, Koherensi, dan Referensi dalam Waca... Suatu teks baik  lisan maupun tulis dapat dikatakan sebagai wacana jika memenuhi syarat – syaratnya. Pengertian wacana dan syarat wacana terkait denga...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *