Kemajuan teknologi Internet Bagi Dunia Sastra Indonesia

By | Mei 21, 2017

 

Walaupun sekarang sudah memasuki era teknologi canggih yang serba menggunakan komputer dan semua informasi bisa didapat melalui internet, namun kebutuhan akan novel dan puisi serta sastra lainnya tidak pernah surut. Sastra memang tidak akan pernah lekang ditelan zaman yang terus berganti.

Hal ini bisa dilihat dari geliatnya lomba menulis cerpen dan puisi yang semakin banyak saja dibeberapa kota diseluruh Indonesia. Selain itu, banyak juga lomba menulis cerpen melalui internet sehingga bisa diikuti lebih banyak peserta dari seluruh Indonesia sebagai ajang untuk menguji bakat menjadi penulis.

Lomba menulis melalui internet tentunya bisa membuat segala kegiatan lomba menjadi lebih efektif dan lebih cepat dalam mengirimkan naskah tulisan. Para peserta lomba dipenjuru tanah air juga lebih mudah untuk mengikuti kompetisi ini tanpa perlu keluar rumah dan tidak memerlukan alat transportasi.

Dilain pihak, banyak sekali para penerbit baru yang bermunculan, karena kebutuhan buku fiksi maupun nonfiksi semakin meningkat. Gerakan minat baca yang banyak dikobarkan diseluruh penjuru tanah air terutama disekolah-sekolah dan kampus-kampus menjadikan tingkat pembaca semakin tinggi.

Selain itu, semakin banyak perpustakaan-perpustakaan baru mulai menjamur baik ditengah maupun sudut kota. Banyak organisasi pemerintah maupun swasta yang perduli akan minat baca masyarakat, mulai mendirikan perpustakaan, sehingga siapa saja bisa semakin mudah untuk mendapatkan buku.

Banyak juga orang yang memiliki kepedulian tinggi dan bersedia membuka perpustakaan. Biasanya hal ini dilakukan oleh para penulis senior yang telah memiliki banyak sekali buku dan ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk ikut membaca dan menikmati koleksi buku yang telah dia miliki.

Jumlah perpustakaan yang ada di Indonesia sekitar 25.728 tersebar diseluruh tanah air. Ini adalah data yang diambil dari Perpustakaan Nasional Indonesia per Desember 2015. Namun jumlah ini hanya pada perpustakaan skala besar saja dan perpustakaan skala kecil banyak yang belum masuk dalam hitungan.

Kegiatan pameran buku juga banyak diadakan dan menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan minat baca bagi masyarakat, terutama para pelajar. Biasanya dalam pameran tersebut, panitia  juga menyediakan buku-buku dengan harga murah namun berkualitas khusus untuk pelajar dan mahasisiwa.

Selain itu, pada kegiatan pameran buku biasanya diadakan berbagai ajang kompetisi seperti lomba baca puisi, lomba menulis cerpen dan esai. Hal ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk bisa mengembangkan karya tulisan bagi para peserta lomba dan bisa menumbuhkan penulis-penulis baru agar bisa muncul.

Indonesia masih membutuhkan lebih banyak para penulis sastra dan bisa bermanfaat untuk membenahi karakter dan mental masyarakat dinegeri ini. Karena setiap sastrawan memang harus memeras otak untuk bisa menghasilkan maha karya yang sempurna sehingga bisa mencerdaskan otak para sastrawan.

 

 

 

 

 

Related Post

Sekolah Tingkat SMP Sebagai Awal Munculnya Bakat S... Bakat seorang sastrawan biasanya mulai terlihat ketika masih sekolah ditingkat SMP, karena dari situlah kreasinya bisa dikembangkan. Disekolah SMP ter...
Perjalanan Puisi Lama dan Puisi Baru Indonesia Puisi atau puisi baru memang berkembang pesat dinegara kita dari dulu hingga sekarang. Para penulis puisi semakin bertambah banyak dan tentu saja trad...
Sastra Anak Memang Sangat Penting di Indonesia Gerakan minat baca selalu digalakkan ditiap-tiap kota diseluruh Indonesia sebagian besar dikota-kota besar terutama minat baca bagi anak-anak. Hal ini...
Fungsi Sastra Bagi Kehidupan Manusia Sastra memang berperan penting dalam kehidupan manusia sebagai kesenian dalam bidang rohani atau kejiwaan bagi para pencipta dan penikmatnya. Orang ya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *