Cara Cerdas Membaca dan Menghafal Bahasa Asing

By | Mei 2, 2017

Dalam mempelajari bahasa asing yang bukan sebagai bahasa sehari-hari tentunya agak sulit dan perlu perjuangan untuk menguasainya. Apalagi bahasa tersebut seperti bahasa Arab dan Inggris yang memiliki peraturan ketat dalam setiap pengucapan maupun perubahan kata yang akan mempengaruhi makna.

Cara terbaik agar bisa cepat menguasainya adalah dengan menjadikan bahasa tersebut sebagai kebiasaan sehari-hari. Usahakan rutinitas dalam satu hari tetap bersinggungan dengan bahasa tersebut untuk memperbanyak pengetahuan kata dan artinya. Maka bisa lebih cepat untuk menguasainya.

Caranya dengan membuat program belajar sistem mencicil setiap hari

1. Buatlah planning untuk membaca berapa banyak kata dan artinya dengan santai
2. Jika setiap hari akan menyimpan 5 kata, maka berusaha untuk disiplin dan tidak melanggarnya
3. Membaca 5 kata tersebut beserta artinya namun jangan dihafalkan
4. Sediakan waktu dalam sehari antara 5 sampai 30 menit selama 4 kali
5. Pagi membaca 5 kata tersebut beserta artinya
6. Siang membaca 5 kata tersebut beserta artinya
7. Selanjutnya waktu sore dan malam juga melakukan hal yang sama
8. Tidak usah dihafalkan namun dibaca saja dalam sehari 4 kali
9. Hal ini akan membekas dalam otak dan lebih kuat daripada sisitem hafalan
10. Jika dalam satu minggu bisa dilakukan dengan baik, tentu saja akan tertanam dengan baik didalam otak
11. Jika 5 kata sudah terasa mudah, maka minggu berikutnya bisa meningkatkan sampai 10 kata
12. Tentunya dalam minggu-minggu berikutnya untuk terus meningkatkan jumlah kata

Cara ini harus dilakukan dengan perasaan senang dan tidak karena terpaksa atau keadaan tertekan. Ketika suasana belajar dalam keadaan senang dan gembira, maka akan lebih melekat pada otak dan tidak mudah lupa dari hal-hal yang bisa mengganggu disekitar kita atau lupa karena faktor lingkungan.

Karena otak manusia itu sangat rentan dan mudah lupa jika mengalami hal-hal yang bersifat negatif. Manusia jika mengalami sesuatu yang mengagetkan walaupun sedikit, bisa lupa dari apa yang telah dipikirkan. Capek sedikit juga bisa lupa kalau otak sedang berpikir atau telah menemukan ide.

Otak kita harus diperlakukan seperti pisau, perlu diasah terus-menerus agar tidak tumpul. Jika otak kita sudah terbiasa untuk berpikir dan menyimpan memori, maka kapasitas memori akan membesar secara otomatis. Otak kita besifat dinamis dan tidak terbatas, kapasitas memori otak tidak akan pernah penuh.

Berpikir tentang hal-hal negatif hanya akan mengotori otak kita dan bisa mengganggu software penyimpanan dalam otak. Akibatnya otak kita tidak akan bekerja dengan baik dan hanya akan menjadi orang yang pelupa. Untuk itu kita harus selalu menjaga diri agar selalu memikirkan hal positif saja.

Diperlukan pikiran yang jernih dalam mempelajari suatu bahasa. Selain itu, selalu melakukan tes atau ujian mengenai bahasa yang telah dipelajari agar mengetahui kesalahan dan bisa memperbaikinya. Tidak ada bahasa yang sulit untuk dipelajari, yang ada hanya sikap malas untuk belajar.

 

Bagaimana Menurutmu?

Related Post

Language Curriculum Design Parts of the Curriculum Design Process Curriculum design can be seen as a kind of writing activity and as such it can usefully be studied as a proces...
Pengertian Belajar dan Pembelajaran Bahasa Kegiatan pembelajaran bahasa melibatkan aspek bahasa, belajar bahasa, dan pembelajaran bahasa. Pengertian - pengertian dibawah ini akan mengkaitkan ...
Ambiguitas Struktural dalam Pembelajaran Bahasa In... A. Pendahuluan Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan ambiguitas, Hurford dan Hesley (1983:128) mengelompokkan ambiguitas menjadi dua hal yak...
Bagaimana Guru Bahasa Inggris yang Baik Itu? Seorang mahasiswa jurusan bahasa Inggris tentunya mempunyai salah satu harapan menyeselesaikan kuliahnya dengan harapan mempunyai kualitas yang baik...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *