Pengertian Belajar dan Pembelajaran Bahasa

By | November 7, 2016

Kegiatan pembelajaran bahasa melibatkan aspek bahasa, belajar bahasa, dan pembelajaran bahasa. Pengertian – pengertian dibawah ini akan mengkaitkan aspek- aspek tersebut untuk memahami tentang pembelajaran bahasa.

belajar-pembelajaran-bahasa1. Bahasa

Keanekaragaman pengertian bahasa yang dikemukakan oleh para ahli bahasadengan latar belakang yang berbeda. Namun, dari beberapa pendapat yang memiliki perbedaan itu, pada dasarnya terdapat kesamaan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi antara mahkluk sosial di dunia. Djarjowidjojo, (2003: 16) memberikan definisi bahasa adalah suatu sistem simbol lisan yang arbitrer yang dipakai oleh anggota suatu masyarakat bahasa untuk berkomunikasi dan berinteraksi antar sesamanya, berlandaskan pada budaya yang mereka miliki bersama. Pendapat lain dari Kridalaksana (2008: 24) mendefinisikan bahasa adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang digunakan oleh suatu anggota masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi dan untuk mengidentifikasikan diri.

2. Belajar Bahasa

Manusia telah belajar bahasa sejak zaman dahulu kala, khususnya yang diperlukan dalam berkomunikasi dengan keluarga serta dengan orang lain disekelilingnya. Jadi, untuk dapat hidup sebagai mahklu sosial, manusia harus dibekali dengan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa ibunya.

Belajar bahasa yang bukan bahasa pertama ini disebut bahasa kedua atau bahasa asing. Berdasarkan pengalaman diketahui bahwa belajar bahasa kedua termasuk sukar, baik bahasa yang digunakan secara umum dalam masyarakat luas (bukan bahasa rumah tangga) maupun bahasa yang hanya dipakai oleh orang asing. Kedua macam bahasa yang bukan buhasa pertama ini disebut secara teknis ”bahasa kedua” ( yang digunakan masyarakat secara umum) dan “bahasa asing” (yang tidak dipakai masyarakat secara umum). Untuk proses belajar yang sukar seperti inilah “tata cara memudahkan” atau yang biasa disebut “metodologi” yang perlu dicari dan dikembangkan secara sesungguhnya (Ahmad, 2010:22).

3. Pembelajaran Bahasa

Pembelajaran bahasa harus melibatkan empat faktor, yakni guru, pengajaran bahasa, metode pengajaran bahasa, dan materi pelajaran. Empat fakto tersebut menjadi bagian terpenting dalam usaha membantu dan memudahkan proses belajar mengajara bahasa.

Guru merupakan faktor yang terpenting dalam proses permudahan dalam proses belajar. Karena guru merupakan fasilitator dalam proses pembelajaran yang memerlukan cara-cara atau meode dalam pembelajaran. Jadi, guru yang baik, pada umumnya selalu berusaha untuk menggunakan metode pengajaran yang efektif, serta memakai alat-alat media yang terbaik dalam melaksanakan pembelajaran bahasa. Pencarian metode yang paling efektif tetap saja dilakukan dari zaman ke zaman.

Pengajaran bahasa melibatkan tiga disiplin ilmu linguistik, psikologi, dan ilmu pendidikan. Ilmu linguistik memberikan informasi kepada kita tentang bahasa secara umum dan bahasa-bahasa tertentu. Ilmu psikologi Menguraikan bagaimana orang belajar sesuatu, dalam ilmu pendidikan memungkinkan seseorang bisa meramu semua keterangan itu menjadi satu cara atau metode yang sesuai untuk digunakan di kelas sehingga memudahkan proses belajar mengajar bahasa oleh pelajar (Ahmad, 2010:24).

Daftar Pustaka

  • Izzan, Ahmad. 2010. Metodologi Pembelajaran Bahasa Inggris. Bandung: Humoniora
  • Darjowidjojo, Soenjono. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  • Krisdalaksana, Harimurti. 2008. Kamus Linguistik. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bagaimana Menurutmu?

Related Post

Why Cognitive Linguists Should Care More About Emp... 1. Introduction Linguistics and psychology have always had a curious relationship. Ever since the early days of generative linguistics when Chomsky s...
Early Foreign Language Programmes In The 1990s Issues And Implications The 1990s have seen an enormous boom of interest in early foreign language instruction all over the world. The publication of...
Jenis Strategi Pembelajaran Bahasa Dalam interaksi kegiatan pembelajaran di kelas, baik pembelajar mapun peserta didik mumpunyai peranan yang sama penting. Perbedaannya pada fungsi dan ...
The Silent Way of Language Teaching Background The Silent Way is the name of a method of language teaching devised by Caleb Gattegno. Gattegno's name is well known for his revival of in...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *