Category Archives: Semantik

Kelebihan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

By | Juni 22, 2017

Sebagian orang atau para calon mahasiswa mungkin masih ada yang memiliki anggapan miring terhadap jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini karena banyak orang yang masih skeptis atau berpikir negatif tentang setelah lulus kuliah, bahwa sarjana sastra mau kerja apa nantinya. Anggapan tersebut hanya berdasarkan pada penilaian karena belum mengenal dunia sastra serta potensinya bagi… Read More »

Pengertian Tata Bahasa dan Leksikon

By | Desember 23, 2016

1. Analisis dan Sintesis Seperti yang telah kita ketahui bahwa tiap-tiap tata bahasa mengandaikan leksikon (atau kamus) dimana kata-kata sesuatu bahasa diklasifisikan sesuai dengan keanggotaan dalam kelas-kelas distribusi yang diacu dalam kaidah-kaidah tata bahasa. Baik tata bahasa maupun leksikon dapat dipandang dari sudut pandang yang berbeda, tergantung kepada, apakah linguis menaruh perhatian pada analisis (“pengenalan”)… Read More »

Semantik dalam Studi Linguistik

By | Desember 22, 2016

Sudah kita ketahui bersama bahwa dalam perkembangan sejarah linguistik pada bidang semantik agak ditelantarkan atau bisa disebut kurang mendapatkan perhatian lebih. Hal ini bukan berarti tidak ada kegiatan sama sekali mengenai semantik itu dalam studi bahasa. Chaer (2013: 13) mengutip pendapat dari Aristoteles (384-322 SM) yang merupakan seorang sarjana dari bangsa Yunani sudah menggunakan istilah… Read More »

Pengertian, Unsur, dan Jenis Semantik

By | November 16, 2016

Istilah “semantic” relative baru asal muasalnya, yang baru diciptakan pada abad ke-19 dari seorang verba Yunani yang berarti “menandakan’. Tentu saja ini tidak berarti bahwa ahli memalingkan perhatian mereka pada penyelidikan makna dan kata-kata kurang dari seratus tahun yang lalu. Sebaliknya, sejak dulu hingga kini ahli-ahli tata bahasa tertarik akan makna kata-katadari pada akan fungsi… Read More »