Category Archives: Morfologi

Kelebihan Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia

By | Juni 22, 2017

Sebagian orang atau para calon mahasiswa mungkin masih ada yang memiliki anggapan miring terhadap jurusan bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini karena banyak orang yang masih skeptis atau berpikir negatif tentang setelah lulus kuliah, bahwa sarjana sastra mau kerja apa nantinya. Anggapan tersebut hanya berdasarkan pada penilaian karena belum mengenal dunia sastra serta potensinya bagi… Read More »

Proses Morfofonemik dalam Bahasa Indonesia

By | November 19, 2016

Proses morfofonemik merupakan proses yang terjadi pada suatu morfem akibat pertemuan morfem dengan morfem lainnya. Ada juga yang mengartikan sebagai gejala berubahnya fonem sebagai akibat bergabungnya beberapa morfem (biasanya afiks dan morfem dasar). Proses morfofonemik yang terjadi pada Bahasa Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga proses, antara lain: a. Proses Perubahan Fonem Proses perubahan fonem merubah… Read More »

Pengertian dan Ruang Lingkup Morfologi

By | November 17, 2016

Morfologi adalah sala satu konsep pusat dari belajar linguistik. Ini bukan karena morfologi merupakan sub disiplin ilmu yang dominan di dalam belajar linguistik, tetapi di dalam belajar morfologi akan di arahkan bagaimana struktur kata itu sendiri, dan kata merupakan penghubungan antara belajar fonologi, sintaks, dan semantik. Secara etimologi istilah morfologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu… Read More »