Category Archives: Artikel Ilmiah

Perbedaan Angkatan Balai Pustaka dan Pujangga Baru

By | Mei 26, 2017

Balai Pustaka dibuat pada tahun 1908 oleh pemerintah Hindia Belanda sebagai sarana penerbitan buku sekolah dan novel atau cerita-cerita daerah Indonesia. Sebagai penerbit yang dibuat oleh penjajah, maka semua tulisan yang diterbitkan untuk kepentingan pemerintah Hindia Belanda. Tidak hanya itu saja, Belanda juga mengungkapkan bahwa tulisan yang terbitkan selain dari Balai Pustaka statusnya adalah bacaan… Read More »

Teknik Penerjemahan Istilah Blog pada Blogspot

By | November 9, 2016

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi teknik penerjemahan istilah blog dalam Blogspot dan mendeskripsikan ideologi penerjemaha istilah blog yang digunakan Google Inc. pada Blogspot. Penelitian ini merupakan bidang penerjemahan yang bersifat diskriptif kualitatif. Unit analisis penelitian ini berupa istilah blog yang terdapat dalam kata, frasa, klausa, dan kalimat. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks… Read More »

Penggunaan Variasi Register dalam Artikel di Media Massa Cetak

By | November 8, 2016

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (1) menggambarkan penggunaan register dalam bahasa tulis dalam artikel-artikel publik di media massa cetak berupa koran atau tabloid; dan (2) menggambarkan kondisi sosio-linguitik dari penulis dan pembaca media massa cetak dewasa ini. Penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis wacana sebagai teknik analisis data yang dipakai. Data adalah artikel-artikel yang… Read More »

Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

By | November 1, 2016

Kemampuan berfikir tingkat tinggi atau HOTS (Higher Order Thinking Skills) menjadi salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki siswa pada saat ini khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris. HOTS adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum 2013 juga menuntut materi pembelajarannya sampai metakognitif yang mensyaratkan… Read More »

Ambiguitas Struktural dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

By | November 1, 2016

A. Pendahuluan Ada beberapa cara untuk mengklasifikasikan ambiguitas, Hurford dan Hesley (1983:128) mengelompokkan ambiguitas menjadi dua hal yakni lexical dan structural ambiguity. Sementara Kess (1992:133), mengkategorikan ambiguitas dalam tiga tingkat: lexical ambiguity, surface structure ambiguity dan deep structure ambiguity. Di sisi lain, Cruse (1986:66) membedakan empat jenis ambiguitas yaitu pure syntactic ambiguity, quasi-syntactic ambiguity, lexico… Read More »