Category Archives: Analisis Wacana

Terapan Budaya dalam Kajian Wacana

By | Desember 29, 2016

Bahasa dan kebudayaan tidak dapat dipisahkan karena bahasa merupakan salah satu wujud kebudayaan. Secara otomatis maka budaya juga tidak lepas dari wacana. Hubungan wacana dan kebudayaan saling mempengaruhi, terlebih wacana adalah satuan bahasa yang lengkap dan utuh yang timbul pada tindak komunikasi masyarkat baik lisan maupn tulis yang mencerimkan suatu budaya tertentu. Membicarakan terapan budaya… Read More »

Peranan Analisis Wacana dalam Proses Belajar Bahasa

By | Desember 27, 2016

Analisis wacana rupanya mempunyai peranan yang penting dalam proses belajar bahasa, terutama dalam keterampilan yang bersifat produktif, yaitu bertutur kata dan menulis (Wahab, 1991: 136). dalam hal menulis, kita mengenal istilah keutuhan (unity) dan keruntutan (coherence) baik dalam satu paragraf, maupun dalam satu karangan utuh. Tujuan utama dalam pembagian suatu karangan utuh kedalam paragraf ialah… Read More »

Pengertian Analisis Wacana dan Analisis Wacana Kritis

By | Desember 5, 2016

Membicarakan analisis wacana (AW) dan analisis wacana kritis (AWK) maka kita harus memahami dulu apa itu wacana. Wacana dalam bahasa Inggris discourse merupakan rangkaian teks baik lisan maupun tulis sebagai wujud tindak komunikasi yang mangandung gagasan dari addressor kepada addressee berdasarkan konteks tertentu (Foucault, 1972:48-49). Terkait dengan kajian atau analisis wacana lebih menekankan pada pembahasan… Read More »

Penerapan dan Peran Teks, Ko-teks, dan Konteks

By | November 22, 2016

Suatu wacana yang lengkap selalu melibatkan teks, ko-teks, dan konteks sebagai unsur wacana. Teks merupakan keseluruhan teks yang diungkapkan atau dibaca, sedangkan ko-teks adalah unsur yang sejajar dengan teks baik yang mengikuti atau mendahului teks, dan konteks merupakan situasi yang melingkupi suatu wacana. Selain mengatahui definisi teks, ko-teks, dan konteks, akan lebih jelas diterapkan pada… Read More »